Manajemen Pemasaran

BAB I

PENDAHULUAN

Perusahaan dalam menjalankan aktivitasnya baik perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa maupun barang mempunyai tujuan yang sama yaitu memperoleh keuntungan. Selain itu perusahaan juga ingin memberikan kepuasan kepada konsumen atas produk yang yang dihasilkannya, karena kepuasan konsumen menjadi tolak ukur dari keberhasilan perusahaan dalam menghasilkan produk yang berkualitas, dan yang diinginkan oleh konsumen.

Dalam mencapai strategi pemasaran yang tepat dan terbaik untuk diterapkan, salah satunya perusahaan dapat melihat dari faktor bauran pemasaran. Hal tersebut penting karena bauran pemasaran merupakan salah satu pokok pertimbangan konsumen dalam melakukan keputusan pembelian suatu produk. Jika perusahaan tidak peka terhadap apa yang dibutuhkan oleh konsumen, maka dapat dipastikan bahwa perusahaan akan kehilangan banyak kesempatan untuk menjaring konsumen dan produk yang ditawarkan akan sia-sia. Pemasaran merupakan salah satu ilmu ekonomi yang telah lama berkembang, dan sampai pada saat sekarang ini pemasaran sangat mempengaruhi keberhasilan suatu perusahaan untuk bisa bertahan di dalam pangsa pasar. oleh karena itu diperlukan strategi pemasaran yang dapat memberikan pengaruh untuk menentukan berhasil atau tidaknya dalam memasarkan produknya. Apabila strategi pemasaran yang dilaksanakan perusahaan tersebut mampu memasarkan produknya dengan baik, hal ini akan berpengaruh terhadap tujuan perusahaan.


Bab II

Pembahasan

Fungsi utama mengapa kegiatan pemasaran dilakukan :

1. Untuk memberikan informasi tentang produk yang dijual perusahaan.

2. Untuk mempengaruhi keputusan membeli konsumen.

3. Untuk menciptakan nilai ekonomis suatu barang.

Kegiatan utama pemasaran atau juga disebut marketing mix adalah suatu perangkat perusahaan yang terdiri dari 4 variable yaitu produk, struktur harga, kegiatan promosi dan saluran distribusi dengan tujuan untuk menentukan tingkat keberhasilan pemasaran perusahaan yang bisa memberikan kepuasan dalam pemenuhan kebutuhan konsumen yang dipilih atau segmen pasar yang di harapkan.

Berikut analisis yang dilakukan di supermarket agung:

A. Produk

Produk yang ditawarkan disini merupakan produk yang berorientasi pada barang-barang konsumsi, barang-barang tersebut dapat dibedakan menjadi:

1. Barang kebutuhan sehari-hari

2. Barang belanjaan

3. Barang khsusus

Pengadaan produk ini adalah pemesanan secara langsung kepada produsen, sehingga dengan pemesanan langsung ini dapat menekan biaya-biaya yang bisa dipergunakan untuk kegiatan lain.

Penataan produk di supermarket agung limboto sesuai dengan SOP (Standard Operating Procedure) penataan produk yang tujuannya untuk menarik perhatian konsumen dimana langkah-langkah visual merchandising diantaranya dapat dilakukan dengan display dan label.

Jenis barang disupermarket telah ditentukan dalam pembagian departemen dan pengklasifikasian barang berdasarkan jenis-jenisnya analisis produk dan penataannya, strategi-strategi penataanya yaitu sebagai berikut:

1. Produk ditempatkan dalam kategorinya

2. Facing/jumlah tier produk sesuai dengan market share

3. Pengaturan secara horizontal atau vertical unutk masing-masing jenis brand

Mengenai pendisplayan supermarket ini juga sesuai dengan SOP yakni:

1. Barang-barang diletakkan sesuai dengan ukuran dan jenis-jenisnya

2. Facing produk menghadap kedepan

3. Tinggi jalur sama

4. Penataan barang menggunakan eye technical eye catching

B. Promosi

Promosi merupakan kegiatan baik berupa pengenalan produk, manfaat dan kegunaan dan keistimewaan produk-produk tersebut kepada konsumen. Promosi yang digunakan oleh usaha ini adalah promosi tidak langsung, selain itu usaha ini juga minim melakukan promosi hanya saja mereka mengandalkan banyaknya barang yang disediakan berupa barang-barang primer dan selain itu mereka menerapkan promosi penjualan yaitu variasi insentif jangka pendek untuk merangsang pembelian atau penjualan secara langsung kepda konsumen.

C. Distribusi

Distribusi fisik menyangkut perencanaan pelaksanaan dan pengawasan arus bahan dan produk akhir ketempat pemakai untuk memenuhi kebutuhan pelanggan agar memeproleh keuntungan. Kegiatan utama distribusi bertitik tolak dalam merancang system distribusi fisik dalam mempelajari apa yang diinginkan konsumen. Karena konsumen akan tertarik pada beberapa hal yaitu:

1. Ketepatan waktu dalam pengiriman

2. Penanganan barang dengan hati-hati

3. Kemampuan untuk mengganti barang-barang rusak

4. Memenuhi keinginan konsumen yang mendesak.

Oleh karenanya masalah pelayanan kepada konsumen benar-benar diperhatikan. Selain itu perusahaan juga harus dapat merancang suatu system yang akan mengurangi biasa distribusi total dan system distribusi fisik. Didalam pengelolaan pesanan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu:

1. Kesiapan tenaga penjual untuk mengirimkan pesanan tepat pada waktunya

2. Kesiapan bagian gudang untuk menyiapkan dan mengepak barang yang sudah dipesan

3. Biaya pengiriman seefisian mungkin

D. Strategi penetapan harga

Penetapan harga merupakan kompenen utama kedua dari bauran pemasaran. Harga adalah kompenen bauran pemasaran yang menghasilkan pendapatan, sedang yang lainnya menghasilkan biaya. Tingkat harga yang ditetapkan akan mempaengaruhi kuantitas yang terjual. Harga yang ditetapkan di perusahaan ini relative lebih rendah daripada di tempat lain, mengingat proses pendistribusiannya dilakukan secara lansung, tujuan utama penetapan harga yang rendah ini adalah untuk menguasai pasar secara maksimum, untuk bertahan hidup perusahaan, memaksimalkan laba jangka pendek dan memaksimalkan hasil penjualan.

BAB III

PENUTUP

A. Kesimpulan

Dalam konsep pemasaran modern banyak perusahaan yang mengacu pada bauran pemasaran di dalam merancang program pemasarannya. Bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi dan saluran distribusi mempunyai peranan yang sangat penting guna mensukseskan program pemasaran dari suatu perusahaan. Dengan melakukan perencanaan terhadap empat bauran pemasaran diharapkan perusahaan dapat merumuskan program pemasaran yang tepat bagi produk yang akan ditawarkan kepada konsumen.

Perencanaan produk yang dilakukan oleh perusahaan harus benar- benar sesuai dengan kebutuhan konsumen. Selain itu, produk yang dihasilkan harus mencerminkan kualitas yang baik. Hal tersebut agar sesuai dengan tujuan perusahaan yang mana produk yang dipasarkan dapat diterima dan sesuai dengan kebutuhan konsumen dan dapat memuaskan konsumen. Karena produk merupakan titik sentral dari kegiatan pemasaran, keberhasilan suatu perusahaan dapat diketahui dari respon yang ditunjukkan oleh konsumen.

Dalam situasi seperti ini konsep pemasaran tidak lagi cukup hanya berbicara tentang penjualan, periklanan atau bahkan konsep bauran pemasaran 4P (product, place, pricing, dan promotion). Pemasaran harus dilihat sebagai suatu konsep bisnis strategi (strategic business concept). Artinya pemasaran tidak lagi sekadar marketing as it is, melainkan harus diintegrasikan dengan strategi perusahaan secara keseluruhan.

B. Saran

Dengan penerapan strategi yang baik seperti itu diharapkan perusahaan ini dapat menjaga citra dan goodwill perusahaan, mengingat tingkat konsumen yang semakin hari terlihat semakin meningkat alangkah baiknya perusahaan mampu menyediakan sarana parker yang memadai dan diperluas.

Related Post:

  1. Makalah Ekonomi Manajerial

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar yang menggunakan Anonymous tidak akan mendapatkan respon.!! thanks..