Menyembunyikan Aplikasi Dengan Outtasight

Buat saya yang doyan memnfaatkan kesempatan dalam kesempitan. Maksud saya memnfaatkan fasilitas wifi kampus untuk internetan, jengkel sekali bila rasanya orang lain ikut megamati semua program aplikasi di layar monitor notebook saya. Rasa itu, maksud saya rasa jengkel itu, akan lebih jengkel lagi bila kebetulan program yang saya jalankan adalah NETCUT dan FACEBOOK. Karena bagi saya, kedua program tersebut amat bersifat pribadi. Saya sangat tidak suka bila saya saat chating di facebook dan ngebuka NETCUT, ada orang lain yang duduk disebelah dan melihat semua apa yang saya kerjakan. Saya piker sah – sah saja bila saya merasa jengkel, karena seperti yang sudah saya katakan, mereka telah mengganggu privasi saya. Namun untuk menyuruh mereka pergi atau melarang mereka agar tidak mengamati apa yang sedang saya lakukan tentu saja bukan hal yang gampang mengingat fasilitas yang saya gunakan adalah milik bersama dan belum lagi mereka adalah mahasiswa satu kampus. Akhirnya daripada makan hati, karena terus diihati mereka, maka saya meminimizekan saja kedua buah aplikasi tersebut, lalu pura-pura menjalankan Microsoft excel atau Microsoft word dengan harapan agar mereka merasa bosan dn segera pergi. Tapi apa yang terjadi…?? Mereka bukannya pergi malah semakin merapatkan duduknya didekat saya . dan sialnya lagi, mimic muka mereka sepertinya menyiratkan rasa penasaran, menunggu kapan saatnya say mengklik kedua buah ikon palikasi tersebut ( FACEBOOK DAN NETCUT).
Setelah beberapa kali saya mengalami hal seperti itu, akhirnya sadar bahwa selama ikon dial-up yang ada dipojok kiri sebelah layar monitor masih kelihatan berkedip-kedip, menandakan adanya aktivitas ke internet, maka tidak ada gunanya saya meminimize-kan semua jenndela program. Buktinya, setelah saya memutuskan koneksi wifi, barulah mereka mau beranjak dan meninggalkan saya sendirian. Namun, meskipun cara itu bisa dikatakan manjur, ternyata banyak juga kelemahannya, karena saya harus melakukan dial up ulang ke ISP untuk menghubungkan koneksi ke masing-masing server yang sempat terputus tadi. Bayangkan, jika saja dalam setiap 1-2 jam saya harus melakukan proses itu berulang-ulang , berapa lama waktu yang saya buang dengan percuma? Belum lagin ditambah koneksi yang gagal terhubung. Alhasil, karena tangan sudah pegal maka kegiatan browsing saya juga gak ke konek.


Tapi untunglah tidak beberapa lama kemudian ( kira-kira 5 hari ) saya menemukan sebuah program yang mampu menolong saya dari kesulitan tersebut, yaitu outasight, yang dibuat chris rosa (crosa@lhs.com). Dengan program itu akhirnya saya bisa mengakses internet tanpa harus merasa khawatir atau curiga pada orang lain yang ikut nimbrung mengamati semua yang saya lakukan di notebook saya. Dan, seandainya ada orang lain yang sengaja maupun tidak ingin melihat program – program aplikasi yang saya jalankan, maka saya cukup mengklik hidden di outasight agar tidak dilihat mereka.



Catatan: bagianda yang merasa tertarik denhgan program tercebut, anda bisa mengambilnya di sini
Berikut cara-caranya:
1. Menginstal outasight
Untuk menginstalnya caranya sangat gampang. Anda cukup ngeklik 2kali file setup.exe. caranya juga hapir seperti menginstal software-software lainnya koq
2. Menjalankan outasight
Sama seperti meginstalnya, outasight juga sangat mudah dioperasikan. Untuk mengoperasikannya, klik tombol start→programs→outtasight→outasight v2.63.
Ketiak.. (maksud saya ketika) pertama kali program itu muncul outasight akan segera membaca program-program aplikasi apa saja yang aktif di computer dan memvisualisasikan masing-masing ikonnyake dalam jendela atau kotak visible windows.
3. Setelah itu tentukan program atau aplikasi mana saja yang akan anda sembuny6yikan dengan cara mengklik ikon hide selected windows. Sesaat kemudian program kan langsung berpindah kedalam invisible windows.
4. Agar orang lain tidsk mudsh memunculkan (unhide) kembali ke program-program aplikasi yang telah disembunyuikan tadi, sebaiknya anda mengunci program tersebut. Tapi sebelum itu anda sebaiknya membuat terlebih dahulu kata sandinya dengan cara mengklik ikon lock outasight.
5. Pada saat anda mengklik tombol ok, maka seketika itu juga program outtasight akan diminimize-kan . dan jikia anda ingin mengaksesnya kembali, anda cukup mendobel klik ikon outtasight yang terletak dipojok kiri sebelah bawah layar monitor, lalu ketikkan sandi yang telah anda masukkan sebelumnya.
6. Sebagai catatan, sebenarnya outasight dirancang tidak hanya sekedar unut menyembunyikan ikon atai aplikasi yangs edang kita jalankan saja. Bebrapa hal penting lainnya yang anda bisa manfaatkan dari program ini, antara lain adalah sebagai berikut:
a. Menyembunyikan taskbar
b. Menyembunykan system tray
c. Menyembunyikan tombol start
d. Menyembunyikan salah satu atau semua ikon dilayar desktop
e. Merubah jenis huruf di MS windows
f. Menyembunyikan modul program atau file-file secara parsial.
Untuk mempermudah akses kedalam program outasight, termasuk akses kemasing-masing fungsi yang terdapat didalamnya, ada baiknya untuk dapat membuat jalan pintas ( hot keys). Dengan begitu anda tidak harus selalu mengandalkan mouse . outasight mengizinkan kita untuk bebas memilih hot key yang gampang di ingat.

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar yang menggunakan Anonymous tidak akan mendapatkan respon.!! thanks..