Kompensasi Karyawan

Kompensasi adalah seluruh extrinsic reward yang diterima oleh karyawan dalam bentuk upah atau gaji, insentif atau bonus dan beberapa tunjangan lainnya. Extrinsic reward adalah imbalan yang dikontrol dan didistribusikan secara langsung oleh organisasi dan sifatnya berwujud.upah atau gaji pokok adalah pembayaran yang diterima karyawan secara bulanan, mingguan atau setiap jam sebagai hasil pekerjaan mereka. Intensif adalah imbalan yang ditambahkan trehadap upah atau gajidan biasanya berkaitan langsung dengan prestasi kerja. Sedangkan benefits adalah imbalan yang diterima karyawan sebgai hasil sebagai hasil dari pekerjaan dan posisi mereka dalam organisasi. Pembayaran (pay) adalah penerimaaan karyawan secara nyata sebagai hasil dari pekerjaan mereka.
Tujuan dan pentingnya kompensasi
Kompensasi mempunyai tujuan utama yaitu:
1. Menarik pelamar kerja yang potensial
2. Mempertahankan karyawan yang baik
3. Meraih keunggulan kompetetif
4. Meninhkatkan produktifitas
5. Melakukan pembayaran sesuai dengan hukum yang berlaku
6. Menjamin keadilan
7. Memudahkan sasaran strategis
faktor yang berperan dalam penentuan kompensasi
1. Lingkungan eksternal
Tiga kekuatan eksternal yang secara langsung membentuk keputusan desain kompensasi adalah pasar tenaga kerja, undang-undang ketenagakerjaan, serikat pekerja
2. Lingkungan internal
Aspek yang mempengaruhi dilingkungan internal yaitu daur hidup organisasi, budaya organisasi, kesediaan untuk membayar, kemampuan untuk membayar.
Keadilan pembayarandimensi keadilan yang diprtimbangkan untuk memperhatikan keadilan pembayaran antara lain:
1. Keadilan internal
Besarnya kompensasi harus dikaitkan dengan nilai relative pekerjaan-pekerjaan dan pembayaran karyawan satu dibandingkan dengan pembayaran karyawan yang lain didalam organisasi yang sama.
2. Keadilan eksternal
Menyangkut pembayaran kepada para karyawan ditingkat yang layak atau sama dengan pembayaran yang diterima para karyawan yang serupa dengan perusahaan-perusaan yang lain.
Evaluasi pekerjaan
Evaluasi pekerjaan adalah berbagai prosedur sistematik untuk menentukan nilai relative pekerjaan-pekerjaan. Sasaran lansung evaluasi pekerjaan adalah untuk mendapatkan keadilan atau konsistensi internal dan eksternal dalam melakukan penilaian pekerjaan terdapat sejumlah pesyaratan yang harus dipenuhi yaitu:
1. perusa haan harus mempunyai deskripsi dan spesifikasi setiap pekerjaan yang jelas dan akurat untuk memberikan data tentang faktor yang diukur.
2. Suatu keputusan harus diambil dengan memperhatikan kelompok atau golongan karyawan dan pekerjaaan yang dicakup oleh system evaluasi tunggal.
3. Perlunya gagasanevaluasi pekerjaan diketahui oleh semua karyawan dlam system.
Metode evaluasi pekerjaan dan konvensional
1. Job ranking method
Dalam metodeini panitia evaluasi pekerjaan menyusun pekerjaan yang paling sederhana sampai paling sulit.
2. Job classification method
Ada beerapa tahap yang dilakukan untuk membuat proses ini mudah yaitu:
a. Mempersiapkan deskripsi yang lengkap dan akurat
b. Perusahaan membuat deskripsi patokan atau standar untuk kelompok pekerja yang akan digunakan untuk menilai pekerjaan yang ada.
c. Deskripsi standar dibandingkan dengan deskripsi pekerjaan untuk menetukan kelas atau grade pekerjaan.
3. Point method
Metode yang menggunakan skala poin kuantitatif untuk mengevaluasi pekerjaan pada fakto-faktor dasar. Langkah-langkah yang dapat dilakukan antara lain;
a. Memilih pekerjaan-pekerjaan kunci
b. Menetapkan faktor-faktor yang dapat dikompensasi (compensable factors)
c. Menetapkan bobo atau poin pada faktor-faktor.
4. Factor comparison method
Metode perbandingan faktor adalahtekhnik evaluasi pekerjaan yang menggunakan skala moneter untuk mengevaluasi pekerjaan pada faktor-faktor dasar.
5. Hay guide chart profile method
System hay mengandalkan tiga faktor utama yang bisa dikompensaasi, faktor tersebut adalah pemecahan masalah, kecakapan tekhnik, pertanggungjawaban. Sedangkan metode hay guide chart profile tidak mencerminkan nilai-nilai organisasi tertentu yang sesungguhnya.
Pendekatan-pendekatan baru terhadap struktur pengupahan atau gaji pokok
Ada tiga pendekatan terhadap struktur pengupahan gaji atau poko yaitu:
1. Pembayaran berdasarkan keterampilan
2. Pembayaran berdasarkan kompensasi (competency based pay)
3. Broadbanding.

2 komentar:

KISAH SUKSES
Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah benar benar terbukti dan, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda, saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Ritual Penarikan Dana Hibah AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia, jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet ~>KLIK DISINI<~ Wassalam

Poskan Komentar

Komentar yang menggunakan Anonymous tidak akan mendapatkan respon.!! thanks..