Persepsi Dan Metodologi Cinta


Kadangkala kita semua begitu gandrung bernostalgia dan beromantika dengan masa lalu yang menyimpan sejarah keabadian, keagungan dan ketulusan tanpa segan dan tak tahu diri kita mengasumsikan diri kita , beserta hal-hal yang kita lakukan diantara keriuhan internet sanggup mengulangi masa lalu, utamanya yang bersifat agung dan kudus. masih dapatkah kita lakukan sekarang ini dalam semangat ketulusan dalam kesejatian yang sama? CINTA salah satu entitas terpenting yang senantiasa menjadi pergunjingan manusia sejak zaman purbakala hingga sekarang walaupun merupakan satu korban dari asumsi kepercayaan dari diri kita yang terlalu berlebihan itu. tak sulit sama sekali untuk menyibak pria remaja kepada kekasihnya bahwa cintanya benar-benar tulus dan suci, sebagaimana cinta agung yang pernah disematkan oleh romeo kepada juliet dan rama kepada sinta. hanya lantaran masa kini kita percaya bahwa apa yang pernah kita lakukan kini dimana cintahanya dipersepsikan sebagai kesukaan dan kecenderungan untuk memiliki seseorang, lantas dengan ringan hati kita menggelari diri kita sebagai Rama,Romeo ataupun Sinta dan Juliet.

tetapi...tidaklah seperti itu, cinta yang hakiki tidak berhasrat untuk meleburkan dirinya kepada wujud yang yang dicintainya, melainkan senantiasa berjuang untuk menggapai hakikat cinta itu sendiri. gapaian cinta yang sejati kemudian terukur dalam gapaian hakikat cinta itu sendiri dari sisi spiritual dan materialnya. jadi pelukan dan ciuman dari pecinta kepada tercinta hanyalah efek kecil dari kesatuan wujud antarayang spiritual dan material tersebut, dimana cinta sebagai kekuasaaan semesta metafisik dicerminkan dalam wujud keterbatasan material. sang kekasih pada akhirnya termaknai bukan sebagai hakikat cinta melainkan hanya serpihan, sementara hakikat percintaan itu sendiri ialah kesatuan wujud spiritual cinta dengan material manusia. dengan ini kita dihantui pikiran, palsukah atau tuluskah cinta kita?

kita hanya bisa mmenemukan jawabnya dengan keheningan jiwa kita sendiri, sebab keheningan senantiasa menguraikan keteduhan dan kesadaran yang tak senggup diucapkan oleh mulut manusia, dan nilai cinta anda berada dalam nilaian anda sendiri dan tentu saja anda tidak perlu disampaikan kepada orang lain, sebab barangkali anda akan merasa sangat malu. cukuplah anda sendiri yang tahu, lalu dari situlah anda bertolak untuk mencampakkan kepalsuan menuju ketulusan kesejatian cinta.

jiwaku mengajar dan mendidikku untuk mencintai apa yang orang lain benci dan menjadi teman bagi siapa saja yang dicaci-maki. Jiwaku menunjukkan pada dirikubahwa cinta juga merasa bangga terhadap dirinya, bukan hanya kepada orang yang dicintainya. lebih dari itu juga kepada orang yang mencintainya. sebelum jiwaku mengajariku, cinta dihatiku seperti benang tipis yang terikat pada dua pasak,tetapi kini cinta menjadi sebuah lingkaran keramat yang permulaanya adalah akhir dan akhir adalah sebagai awalnya. cinta itu mengelilingi setiap makhluk dan pelahan-lahan berkelana kemana-mana memeluk sipa saja yang dapat direngkuhnya. jiwaku menasehati dan mengajariku untuk mengerti keindahan kulit, sosok dan warna-warni yang tersembunyi. ia memintaku untuk merenungkan pesona dan kesenangan yang sebenarnya. sebelum jiwaku memberi anjuran kepadaku, aku melihat keindahan seperti sebuah sinar lampu yang bergetar diantara kepulan asap, setelah asap itu lenyap aku melihat kekosongan, hanyalah lidah api yang nampak. jiwaku mengajariku dan mendidikku untuk mendengarkan suara-suara yang tidak terucap oleh lidah, taring, dan bibir

Jiwaku mengajari aku dan kekasihku sangatlah banyak hal, dan jiwamu kekasihku. karena kamu dan aku adalah satu, dn tidak ada bedanya diantara kita kecuali bahwa aku dengan sungguh-sungguh menekankan bahwa apa yang ada didalam diriku, ketika kamu menjaganya, adalah sebuah rahasia yang ada didalam dirimu. dan didalam rahasiamu itu terdapat kebenaran

kala malam datang dan rasa kantuk membentangkan selimutnya diwajah bumi, aku terbangun dan berjalankeluar singgasana malamku, malam tidak pernah tidur dan dalam keterjagaanku itu langitmenjadi penghiburbagi jiwa-jiwa yang tebangun. didalam keheningan malam gelap yang mencekam jiwa-jiwa yang kosong aku memandang langit yang terbentang antara sudut kelopak mataku, dalam temaram malampun kisah-kisah lalu antara belahan jiwa hatiku dan hatiku, aku teringat saat kita duduk bersama, untuk pertama kalinya aku datang dalam kehidupanmu, disaat itulah aku melihatmu dan engkaupun melihatku. ketika aku berdiri tegak dihadapanmu laksana sebuah cermin bening, engkau memandang jauh dikedalaman diriku dan disitulah engkau menyaksikan bayanganmu sendiri. lalu engkaupun berbisik" aku cinta padamu". namun kutahu sesungguhnya engkau tengah mencintai dirimu sendiri yang bersemayam dalam diriku.

Demikianlah satu jam berlalu, memandangi langit yang seolah mengamati bayangan-bayangan kehidupan yang lenyap dengan perlahan berganti menjadi sebuah mimpi, yang aneh dalam keindahan serta dahsyat dalam kebesarannya. Fajar telah menyingsing dan kesunyian musnah bersama angin yang melintas, berkas-berkas cahaya berpacu menerangi partikel-partikel udara, langit tersenyum kepadaku bagai seoraang pelamun melihat bayangan kekasihnya. seperti hari-hari yang takkan pernah melampaui keindahan hari-hari yang diriasi kemilau cinta, begitu jugalah tak ada hari-hari yang diselubungi oleh kepedihan lantaran ditinggalkan cinta.

Hidup adalah sebuah pulau,batu-batu karang adalah hasrat-hasratnya, pepohonan adalah mimpinya, bunga adalah kesendiriannya, dan hidup berada diantara samudera pengasingan dan kesunyian. HIDUP TANPA CINTA LAYAKNYA POHON YANG TIDAK BERBUNGA DAN BERBUAH, DAN CINTA TANPA KEINDAHAN SEPERTIBUNGA TANPA AROMA SEMERBAK DAN SEPERTI BUAH TANPA BIJI. "HIDUP, CINTA DAN KEINDAHAN ADALAH TIGA DALAM SATU YANG TIDAK DAPAT DIPISAHKAN ATAUPUN DIRUBAH". HIDUP TANPA PERLAWANAN SEPERTI EMPAT MUSIM YANG KEHILANGAN MUSIM SEMINYA, DAN PERLAWANAN TANPA HAK SEPERTI PADANG PASIR YANG TANDUS." HIDUP, PERLAWANAN DAN HAK ADLAH TIGA DALAM SATU YANG TIDAK DAPAT DIPISAHKAN ATAUPUN DIRUBAH". HIDUP TANPA KEBEBASAN SEPERTI TUBUH TANPA JIWA, DAN KEBEBASAN TANPA AKAL SEPERTI JIWA YANG KEBINGUNGAN . "HIDUP, KEBEBASAN DAN AKAL ADALAH TIGA DALAM SATU, ABADI DAN TIDAK PERNAH SIRNA". Ciuman mesra sepasang sang kekasih itu menyingkap rahasia surgawi ynag tidak bisa diucapkan oleh kata-kata, dari situlah aku tahu bahwa nilai ketika bibir berpadu, akan melahirkan rahasia-rahasia yang tiada diketahui oleh mulut. KECUPAN DIMANA IA ADALAH PERSEMBAHAN BAGI DESAH YANG BERCAMPUR BAUR, MENYERUPAI NAFAS YANG DITIUPKAN TUHAN KEDALAM TANAH LIAT HINGGA JADILAH MANUSIA. ITULAH DESAHAN YANG MENDAHULUI KITA MENUJU ALAM ARWAH SERAYA MENJELASKAN KEAGUNGAN JIWA, DAN DISANA IA KEKAL SAMPAI BERSATU DENGANNYA HINGGA SELAMANYA. Cinta sejati laksana aliran air yang disajikan seiring lahirnya fajar oleh kekasih kita, yang sanggup memberikan keperkasaan kepada jiwa-jiwa agung dan menyemangati mereka untuk menuruni terjalnya bintang-bintang. sebagai mana cahaya dan suara yang tidak akan bermakna apa-apa kecuali kesamaran dan getaran di keluasan cakrawala bila tidak dapat dipandang ataupun disimak, demikian pula cinta yang tak berdenyut dihati takkan mempunyai nilai apa-apa kecualii laksana debu berterbangan yang dihempas-hempaskan angin. KEBANYAKAN PEREMPUAN MEMINJAM HATI KEPADA SEORANG LAKI-LAKI, TETAPI HANYA SEDIKITYANG DPAT MEMILIKINYA, JIKA ENGKAU INGIN MEMILIKI ENGKAU TIDAK BOLEH MENUNTUT. CINTA ADALAH SUATU KETEGUHAN HATI YANG BERTUNAS DAN MEMBESAR DENGAN KOKOHNYA DIKEDALAMAN JIWAKU YANG MENJADI ALAT PENGHUBUNG ANTARA MASA KINI DENGAN MASA LALU SERTA MASA DEPAN.

karena....

  1. CINTA ADALAH KENEKATAN YANG SANGAT BUTA YANG BERSUMBER DARI AWAL REMAJA DAN BERAKHIR SEIRING MASA PENGHABISANNYACINTA ADALAH PANCARAN CAHAYA GAIB YANG BERPIJAR DARI KEDALAMAN JIWA MANUSIA DAN MENERANGI ALAM SEKITARNYA DENGAN SANGAT BENDERANG.
  2. CINTA ADALAH KATA-KATA YANG BERCAHAYA, DITULIS OLEH TANGAN YANG BERCAHAYA, DAN DIATAS KERTAS YANG BERCAHAYA.
  3. SEORANG PENCINTA AKAN SETIA KEPADA KEKASIHNYA MAKA TAAT DAN PATUH ADALAH SUATU ADAT DAN KEBIASAAN BAGINYA, KETAATAN AKAN DIRASAKAN BEGITU BERAT SEBAGAIMANA IA TAAT DAN PATUH KEPADA SESEORANG YANG IA TIDAK TERBIASA MENCNTAINYA.



JANGAN LUPA KOMENTAR DI BAWAH POSTINGANNYA GAN..!

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar yang menggunakan Anonymous tidak akan mendapatkan respon.!! thanks..